-->

Ad 468 X 60

banner

Wednesday, May 29, 2013

author photo
Kang Ilpan Blog's (Download Aplikasi PC, Symbian S60V2, Symbian S60V3, Symbian S60V5, Blackberry, Android, Java, Game, Tips Trik, Hack HP, Breadcrumb, Googlepays, SEO, Tema HP, Antivirus, Dll.)

Pada hari ini saya akan mempostingkan tentang " Pengertian Input Output (i/o) Device  ", semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan Lupa komentar ya ..!



Input device merupakan perangkat komputer yang memiliki fungsi sebagai input atau masukan, baik itu perintah maupun koneksi kedalam sistem komputer. Ada beberapa perangkat yang masuk kategori input device, diantaranya adalah:

  • Keyboard : berfungsi untuk mengetik huruf dan angka serta perintah pada komputer
Keyboard merupakan alat input pada komputer yang berfungsi sebagai papan ketik. Berdasakan portnya keyboard dibedakan menjadi:
  1. Keyboard serial, keyboard ini menggunakan DIN 5 male dan keyboard ini jarang sekali digunakan pada jaman sekarang ini, Keyboard ini digunakan pada komputer type AT.
  2. Keyboard PS/2, keyboard ini sering kita jumpai pada komputer desktop dan biasanya digunakan pada komputer ATX, cara pemasangan ini harus cermat karena port PS/2 pada motherboard biasanya ada 2 macam yakni ada yang berwarna hijau dan ungu. Jadi untuk memasang keyboard PS/2, tancapkan pada port PS/2 yang berwarna ungu karena port PS/2 warna hijau digunakan untuk menancapkan mouse.
  3. Keyboard wireless, dilihat dari namanya keyboard ini menggunakan media wireless sehingga keyboard ini tidak perlu menggunakan kabel, keyboard ini masih sangat jarang kita jumpai karena harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan keyboard yang lainnya.
  4. Keyboard USB, keyboard ini lebih populer dan lebih banyak digunakan pada komputer modern karena lebih fleksibel dan mudah cara pemasanganya. Keyboard jenis USB mempunyai transfer data lebih cepat.
  • Mouse : berfungsi untuk menjalankan perintah klik kiri dan klik kanan, menggerakkan pointer, serta menjalankan perintah dengan klik
Mouse merupakan perangkat keras (hardware) dalam komputer yang berfungsi sebagai penggerak kursor (pointer) pada layar monitor. Mouse sendiri bisa dikategorikan dalam peripheral utama komputer karena mouse merupakan perangkat tambahan yang harus ada pada komputer yang menggunakan sistem operasi berbasis GUI. Mouse terdiri dari klik kanan, klik kiri dan scroll yang setiap bagian mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Seperti halnya pada keyboard, mouse mempunyai banyak macam, diantaranya:

  1. Mouse serial: Mouse ini jarang sekali kita temukan karena menggunakan port serial yang ditancapkan pada motherboard dan mouse ini biasanya digunakan pada komputer type AT.
  2. Mouse PS/2: mouse ini banyak kita jumpai sekarang ini, karena komputer saat ini banyak yang menggunakan mouse dengan port PS/2, biasanya mouse PS/2 dipasang pada port PS/2 motherboard yang berwarna hijau.
  3. Mouse USB: Mouse ini sering kita temui saat ini karena kebanyakan orang sudah banyak yang menggunakan mouse jenis ini. kelebihan mouse jenis ini adalah kecepatan transfer data yang lebih cepat dibandingkan dengan mouse yang lain.
  4. Mouse Wireless: mouse ini digunakan untuk komputer modern yang mempunyai kemampuan untuk menerima sinyal wifi. Mouse jenis ini sangat fleksibel karena tidak perlu menggunakan kabel. Mouse jenis ini masih sangat jarang dipakai karena harganya relatif lebih mahal dibandingkan mouse jenis yang lain.
  • Touchpad : Touchpad berfungsi layaknya mouse, touchpad ini biasanya sebagai pengganti mouse dan biasa di jumpai pada laptop.
    Touchpad adalah area pada notebook / netbook (biasanya terletak di bawah area keyboard) yang fungsinya untuk menggantikan fungsi dari mouse.

  • joystik : perangkat /device tambahan untuk ngegame,
    Cara kerjanya yaitu dengan isyarat yang dipancarkan dari joystick kepada proyektil via radio.Pada tahun 1960 penggunaan joysticks menjadi tersebar luas dan berkembang ke industri pesawat udara modeling sistem radio-controlled seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964). Kraft kemudian menyalurkan ide joysticks kepada industri komputer dan para pemakai lain.

  • Scanner : adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.


  • voice recognizer : adalah suatu sistem yang dapat mengidentifikasi seseorang melalui suaranya, pada saat saya mencari pengertiaan dari voice recognition terdapat juga pengertian Speech Recognition yang hampir sama secara fungsinya. Tapi terdapat perbedaan antara keduanya, Voice Recognition mengidentifikasi siapa yang berbicara, tetapi Speech Recognition mengidentifikasi apa yang diucapkan.
  • Trackball : Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.

  • cctv : (Closed Circuit Television) merupakan sebuah perangkat kamera video digital yang digunakan untuk mengirim sinyal ke layar monitor di suatu ruang atau tempat tertentu. Hal tersebut memiliki tujuan untuk dapat memantau situasi dan kondisi tempat tertentu, sehingga dapat mencegah terjadinya kejahatan atau dapat dijadikan sebagai bukti tindak kejahatan yang



  • webcam : Webcam (singkatan dari web
    camera) adalah sebutan bagi kamera
    real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses
    atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging,
    atau aplikasi video call.






Output device merupakan perangkat komputer yang memberikan output/keluaran, baik berupa tampilan visual, suara, maupun tampilan cetak, dan lain sebagainya. Adapun yang termasuk output device adalah:

  • Monitor/ Lcd Monitor : berfungsi untuk menampilkan proses komputer dalam bentuk visual/ gambar
  • Speaker : befungsi untuk mengeluarkan suara dari komputer
  • Printer : untuk mencetak pada media kertas, dan sebagainya

  • plotter : adalah Printer grafis yang menggambar dengan menggunakan pena-pena tinta, plotter juga merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran gambar sebesar gambar arsitektur dan engineering. 
  • projector : adalah aplikasi stand-alone dari sebuah mevie yang kita buat pada director

your advertise here

This post have 0 komentar

Atau juga bisa komentar disini !!
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Subscribe now!

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Advertisement

Themeindie.com